Akun Pak Dadang "Dewa Kipas" Diblokir, GothamChess Minta Maaf

Akun Pak Dadang "Dewa Kipas" Diblokir, GothamChess Minta Maaf

Levy Rozman alias GothamChess membuat heboh karena orang Indonesia yang mengalahkannya dalam sebuah pertandingan, Dadang Subur alias Dewa_Kipas, diblokir oleh Chess.com. 

Putra Dadang, Ali Akbar, tak terima ayahnya dituding diblokir karena berbuat curang. Dia lalu menjelaskan panjang lebar soal teknik bermain Dadang yang dikira sebagai cheating. 

Dalam perkembangan terbaru, Ali mengatakan bahwa Levy sudah memohon maaf kepada Dadang Subur karena ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Permintaan maaf disampaikan secara pribadi lewat Ali. 

"Saya menyesali situasi ini terjadi saya ingin semuanya kembali damai," kata Levy dalam sebuah screenshot percakapan lewat pesan singkat yang diunggah Ali dalam sebuah posting di Facebook. 

"Jika Anda mengunggah posting yang menyebut saya meminta maaf kepada Anda, Ayah Anda, dan atas perilaku komunitas saya, semuanya (pertikaian) mungkin akan berakhir," imbuh Levy. 

Warganet banyak yang mengusulkan agar Dadang dan Levy melakukan pertandingan ulang untuk membuktikan apakah memang ada kecurangan atau tidak. 

Namun, alih-alih rematch, Levy menawarkan untuk menggelar acara streaming khusus dengan melibatkan pecatur-pecatur dari Indonesia. 

"Hidup Levy udah enggak tenang, biarlah semua berakhir" 

Di sisi lain, Ali juga menyampaikan permohonan maafnya kepada Levy karena kejadian ini membuat akun media sosial GothamChess diserbu warganet Indonesia. 

Ia meminta agar warganet berhenti merundungi akun media sosial GothamChess dan menyudahi kejadian ini. "Untuk para warganet Indonesia, berhentilah menyerang Levy ( Gothamchess) karena masalah kami telah selesai dengan damai. 

Dari pantauan KompasTekno, pada Jumat (5/3/2021), akun Twitter dan Instagram GothamChess kini telah dikunci (private).


Menurut Levy, akibat kejadian ini beban yang ditanggung Levy lebih besar ketimbang sang Ayah. Sebab, Levy masih aktif bermain catur virtual hingga sekarang dan menjadi sumber penghasilannya. Sementara, Dadang bermain Chess.com hanya untuk mengisi waktu luang. 

"Hidup Levy udah enggak tenang, biarlah semua berakhir," tulis Ali. 

Ihwal akun Dewa_Kipas milik Ayahnya yang diblokir, Ali mengatakan sang ayah telah merelakan akun Chess.com miliknya dan sama sekali tidak mengharap pengembalian akun. 

Menurut dia, akun Dewa_Kipas memang sempat dilaporkan massal, tetapi yang membuatnya terblokir adalahAyahnya saat bermain catur dicurigai, meskipun sang Ayah mengaku bermain dengan jujur. 

"Anggaplah pemblokiran akun Dewa_Kipas hanyalah kesalahan sistem anti-kecurangan pada aplikasi Chess.com dan Levy hanya mengikuti apa yang disebutkan oleh sistem," tulis Ali. 

Pemblokiran ini juga disebut Ali menjadi waktu yang tepat bagi Ayahnya untuk rehat dari percaturan virtual.

Ali mengatakan, Ayahnya sempat ingin berhenti ketika mencapai ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.200, tapi dtetap melanjutkan permainan hingga ELO mencapai 2.300 dan berakhir di pertandingan melawan GothamChess.

Lebih baru Lebih lama