11 Astronaut Sudah Berkumpul di Stasiun Luar Angkasa ISS


Populasi astronaut di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS) bertambah menjadi 11 orang, dengan kedatangan 4 astronaut dari kapsul ketiga SpaceX, Sabtu (24/4).

Setelah melakukan perjalanan selama 23 jam dari peluncurannya di pantai Florida, Amerika Serikat pada Jumat (23/4). Keempat astronaut dikabarkan selamat dan siap menjalankan misi selama enam bulan di ISS.

Keempat orang astronaut yang terlibat dalam misi itu adalah astronaut asal Perancis, Thomas Pesquet dari Badan Antariksa Eropa (ESA), Akihiko Hoshide dari Jaxa (Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang), Shane Kimbrough dan Megan McArthur dari NASA.

Ini merupakan kerumunan terbesar di Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam lebih satu dekade dengan jumlah 11 orang astronaut.

Berbicara pada konferensi pers setelah peluncuran, bos SpaceX Elon Musk tampak senang dan lega pada peluncuran kendaraan luar angkasa telah berhasil mendarat.

"Saya sangat bangga pada tim SpaceX dan merasa terhormat bisa bermitra dengan NASA dan juga membantu Jaxa dan ESA," katanya seperti dikutip The Guardian.

"Saya biasanya tidak bisa tidur pada malam sebelum peluncuran dan itu juga berlaku pada malam sebelum yang ini,' tambah Musk.

Dikutip The Verge, mereka pergi dengan kecepatan 17.000 mil per jam dengan orbit sekitar 250 mil dari Bumi. Kelompok astronaut yang dinamai Crew-2 itu merupakan misi ketiga SpaceX di bawah Program Kru Komersial NASA.

Kapsul itu diluncurkan menggunakan roket bernama Falcon 9, merupakan roket pertama yang telah digunakan pada 2020 untuk debut SpaceX menerbangkan Crew-1 ke ISS.

Keempat astronaut akan melakukan penelitian terkait 'Chip Jaringan' yang diprediksi dapat berguna untuk teknologi dan inovasi di bidang kesehatan manusia.

SpaceX telah meluncurkan dan menggunakan kembali beberapa roket Falcon 9 dan kapsul Naga yang tidak berawak sebagai bagian dari inisiatif untuk menghemat waktu dan uang dalam eksplorasi ruang angkasa.

Hal itu memungkinkan perjalanan yang lebih efisien dan berbiaya murah untuk perjalanan ke luar Angkasa.

Artikel ini telah tayang di : CNNIndonesia
Lebih baru Lebih lama