Economy

Waspada Modus Phising Lewat Tautan Hadiah PS5

Waspada Modus Phising Lewat Tautan Hadiah PS5

Kaspersky menemukan ada upaya phishing memanfaatkan tautan hadiah PlayStation 5. Para penipu memanfaatkan tingginya minat terhadap game konsol tersebut, namun di balik upayanya untuk memperdaya korban.

Misal ada percobaan penipuan yang memanfaatkan farmasi India. Pelaku biasanya meminta korban untuk mengikuti membuka situs e-commerce palsu dan meminta korban memasukkan alamat email, seperti alamat, nomor telepon, termasuk informasi detail perbankan seperti CVV.

"Ini, tentu saja, adalah contoh lain dari taktik phishing yang cukup efektif: meningkatkan rasa cemas dengan batasan waktu buatan dan orang-orang akan panik dan terburu-buru alih-alih waspada untuk menerapkan pemikiran kritis," kata Kaspersky dalam keterangan resminya.

Menurut Kaspersky masyarakat jangan terlena dengan iming-iming hadiah itu agar tak terjerat menjadi korban kejahatan siber.

Untuk menghindari jebakan seperti itu, ikuti panduan sebagai berikut:
  1. Periksa informasi tentang hadiah dan promo lainnya di situs web penyelenggara.
  2. Jangan pernah mengikuti tautan di email. Sebaliknya, masukkan URL secara manual jika Anda mengetahuinya, atau gunakan mesin pencari untuk membukanya (dan pastikan tautan tersebut bukan iklan).
  3. Berhati-hatilah jika mendapatkan hadiah yang membutuhkan biaya, meskipun jumlahnya kecil. Anda berisiko kehilangan lebih dari jumlah yang diminta.
  4. Selalu menjaga data pribadi Anda dengan hati-hati, dan jika Anda memiliki keraguan tentang sebuah situs web, jangan masukkan detail kontak Anda di sana.
  5. Gunakan solusi keamanan andal seperti Kaspersky Internet Security yang memperingatkan Anda saat akan mengunjungi situs web penipuan.
Artikel inin telah tayang di : CNNIndonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1





Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel