Xiaomi Ubah Logo Setelah Sekian Lama, Apa Maknanya?

Xiaomi Ubah Logo Setelah Sekian Lama, Apa Maknanya?

Xiaomi baru saja mengumumkan perubahan desain pada logonya yang telah mereka pakai selama ini. Hal tersebut diumumkan langsung oleh pendiri Xiaomi, Lei Jun, berbarengan dengan peluncuran ponsel layar lipat pertamanya, Mi Fold.

Logo baru ini dibuat oleh seorang desainer asal Jepang, Kenya Hara. Perubahan signifikan dari logo baru Xiaomi ini adalah tepian logo yang semula berbentuk siku-siku kini dibuat agak melengkung di empat sudutnya. Selain hal tersebut, unsur lain dalam logo ini masih terlihat sama seperti font Mi yang terpampang.

Beberapa pihak pun bingung dan bertanya-tanya apa alasan perubahan logo yang tidak terlalu signifikan dari Xiaomi. Apalagi dengan menyewa jasa seorang desainer kenamaan, tentu ada biaya tidak sedikit yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Lei Jun pun membeberkan alasannya.

"Apalah kalian kecewa dengan logo ini, di mana kami hanya mengubah logo original menjadi melengkung? Tapi ini tidak hanya mengubah wujudnya dari kotak menjadi melengkung tapi juga perubahan semangat internal dan mentalitas brand," jelas Lei Jun.

Kenya Hara juga ikut memberikan suaranya terkait perubahan logo Xiaomi ini.

"Logo baru ini tidak sekadar redesain sederhana bentuknya itu, tapi adalah sebuah enkapsulasi semangat dalam Xiaomi. Desain ini pada dasarnya adalah refleksi dari konsep Alive," ucap Kenya.

Perubahan logo ini mungkin menjadi penyegaran di tengah semakin meningkatnya bisnis perusahaan. Sejak didirikan tahun 2010, Xiaomi terus konsisten pertumbuhannya.

Xiaomi secara harfiah memiliki 'beras kecil'. Selain Xiaomi, nama lain yang sering mengemuka di merek ponselnya adalah Mi. Lei Jun pun pernah menjelaskan arti khusus Mi tersebut.

Lei Jun menjelaskan, Mi merupakan kependekan dari Mobile Internet lantaran perusahaan ini akan berkecimpung sebagai perusahaan perangkat mobile yang terhubung dengan internet.

Selain itu, Lei Jun berpendapat Mi sebagai arti dari Mission Impossible. Hal tersebut karena Xiaomi akan terus berupaya menjalankan berbagai misi yang dianggap tidak mungkin menjadi mungkin.

Artikel ini telah tayang di : Teknologi.id
Lebih baru Lebih lama