Kemendikbud-ristek Telusuri Adanya Soal Ujian Sekolah yang Cantumkan Bumi Datar


Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek) akan menelusuri adanya soal yang mencantumkan gambar bumi datar di ujian sekolah.

"Ya itu soal di sekolah. Sudah kami minta Disdik untuk cek," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri lewat pesan singkat, Kamis, 6 Mei 2021.

Soal bumi datar ini ditemukan oleh anak dari seorang pria bernama Desmanjon Purba. Anaknya merupakan murid SD swasta yang berlokasi di Cimahi. Sang anak mengikuti ujian secara daring dari rumah sehingga orangtuanya pun bisa melihat soal ujian tersebut.

Dalam soal IPA untuk US 2021 Nomor 30, digambarkan seluruh planet yang mengelilingi matahari berbentuk bulat. Hanya bumi yang digambarkan berbentuk datar. Hal tersebut kemudian dibagikan oleh pemilik akun Facebook Muhanto Hatta dan diteruskan oleh ratusan pengikutnya.

Pendukung teori Bumi datar percaya bahwa Bumi adalah bidang yang datar, seperti cakram. Mereka mengatakan Antartika berfungsi sebagai tembok es besar di sekitar sisi Bumi, yang dengan mudah mencegah orang dari bahaya terbalik.

"Bumi berbentuk cakram dengan Kutub Utara di tengah dan Antartika sebagai dinding di sekelilingnya," tulis Flat Earth Wiki. Sementara itu, ilmuwan sudah menunjukkan banyak bukti yang menunjukkan bahwa bumi itu bulat.

DEWI NURITA

Artikel ini telah tayang di : Nasional.tempo
Lebih baru Lebih lama