Economy

Waspada! Ini Tanda WhatsApp Anda Mau Dibajak


Masalah keamanan siber memang sering terjadi. Bahkan itu terjadi pembajakan pada platform WhatsApp, yang banyak digunakan oleh sebagian besar penduduk Bumi.

Gerbang masuk pembajakan WhatsApp adalah dengan menggunakan One Time Password atau OTP. Kode enam digital nomor itu didapatkan melalui SMS ke nomor yang terdaftar.

Jika kode ini didapatkan pelaku kejahatan maka akun WhatsApp bisa mereka ambil alih. Jadi perlu diingat untuk tidak memberikan kode OTP pada siapapun.

Ada juga sejumlah ciri-ciri akun WhatsApp yang dibajak. Berikut cirinya:

Keluar Sendiri dari Aplikasi

Kamu patut curiga apabila akunmu keluar sendiri dari aplikasi. Sebab hingga sekarang WhatsApp belum meresmikan opsi menggunakan satu akun untuk lebih dari satu perangkat.

Apabila ada OTP yang masuk ke nomor ponsel dan akun yang keluar sendiri, kemungkinan nomor ponsel yang terdaftar telah dikloning.

Pesan terbaca otomatis

Kamu punya pesan yang masuk dan ternyata tiba-tiba sudah terbaca sendiri. Jika ini terjadi kemungkinan WhatsApp kamu dibajak.

Salah satu tandanya adalah tanda centang dua berubah menjadi biru. Namun ini bisa disembunyikan dengan fitur yang ada di dalam platform.

Mengirim pesan yang tidak dikirim
Sama seperti sebelumnya, kemungkinan ponsel kamu dibajak apabila mengirimkan pesan yang tidak pernah terasa dikirim.

Tanda Online yang Terlihat

Di bagian atas layar sering terlihat tanda 'online' untuk menandakan seseorang sedang membuka aplikasi. Tanda itu akan hilang apabila mereka keluar atau tidak membuka WhatsApp. Perhatikan jika tanda muncul tapi sebenarnya WhatsApp sedang tidak buka, mungkin akunmu dibajak.

Log perangkat tidak dikenal

Ini bisa terlihat dalam WhatsApp versi web. Saat ada perangkat yang tidak dikenal uikut log ini di dalamya, maka langsung tutup aksesnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1





Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel