Economy

Jangan Disemprot! Begini Cara Membersihkan Layar Laptop


Saat ini, laptop/PC memiliki peran penting yang tak bisa lepas dari kehidupan kita, terutama dalam bekerja atau kebutuhan hiburan. Seringnya penggunaan laptop pada kehidupan membuat layar menjadi kotor. Cara membersihkannya pun tak boleh sembarangan. Oleh karena itu, kamu harus mencari cara membersihkan layar laptop.

Ada banyak cara membersihkannya, seperti menggunakan cairan. Namun, kamu harus menghindari cairan yang berisi bahan kimia, ya, Sobat Shopee! Pasalnya, cairan tersebut dapat membuat lapisan layar terkelupas. 

Begitu pula dengan penggunaan tisu, lap, atau kain karena layar monitor laptop sebenarnya lebih halus daripada yang terlihat. Oleh karena itu, Sobat Shopee harus membersihkannya dengan lembut agar layar monitor tidak tergores. 

Agar kamu bisa bekerja, gaming dengan nyaman, dan laptop kembali cantik, kamu perlu membersihkan layar laptop secara berkala. Berikut beberapa langkah atau cara membersihkan layar laptop/PC:

1. Matikan Laptop/PC

Jika kamu melihat layar laptop berdebu atau terdapat noda, matikan laptop atau komputer terlebih dulu. Pasalnya, membersihkan layar dalam keadaan hidup memiliki risiko yang besar terhadap laptop/PC, seperti korsleting. 

2. Gunakan Kain Microfiber

Setelah mematikan laptop/PC, kamu bisa langsung mengusap layar dengan kain microfiber. Lakukan cara ini hanya dalam satu sapuan secara lembut dan hindari gerakan memutar atau menggosok pada satu titik tertentu, ya!

Jika noda pada layar sulit untuk dibersihkan, kamu bisa menambah sedikit air pada kain microfiber. Kamu juga boleh menggunakan cairan berbahan kimia apabila kamu yakin bahwa cairan tersebut benar-benar aman digunakan. 

Perlu kamu ingat, berhati-hatilah selama proses pembersihan. Cairan apa pun yang digunakan, jangan sampai kamu menyemprotkannya langsung ke layar karena dapat menetes ke ujung layar. Jika ini terjadi, cairan tersebut akan langsung meresap ke layar dan merusak komponen elektronik di dalamnya.

Sebaiknya kamu menyemprotkan atau mengoleskan cairan ke kain terlebih dahulu. Lalu, peras kain agar tidak terlalu basah dan merusak laptop. Setelah itu, usaplah layar laptop dengan lembut!

3. Biarkan Beberapa Menit Hingga Kering

Tahap selanjutnya, keringkan layar atau monitor selama beberapa menit menggunakan kain microfiber yang kering . Pastikan layar laptop/PC kamu telah benar-benar kering sebelum dinyalakan kembali, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1





Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel