Kominfo Ungkap Kendala Kurang 1,5 Juta Set Top Box bagi Warga Miskin


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkap penyebab kekurangan 1,5 juta Set Top Box (STB) untuk dibagikan ke warga miskin buat mendukung transisi siaran tv analog ke tv digital.

Juru bicara Kemenkominfo Dedy Permadi menjelaskan pasokan unit STB kurang karena ada anggaran yang belum disetujui.

Dedy mengatakan saat ini anggaran yang disetujui untuk memenuhi penyediaan STB sebanyak 5.215.795 unit, sedangkan total warga miskin yang bakal diberikan berdasarkan data Kementrian Sosial sejumlah 6,7 juta.

"Hal ini dikarenakan anggaran penyediaan kebutuhan STB sejumlah 6.7 STB sesuai data DTKS baru disetujui untuk memenuhi penyediaan sebanyak 5.215.795 unit STB," ujar Dedy kepada CNNIndonesia.com, Rabu (23/3).

Meski demikian ia memastikan saat ini pemenuhan jumlah kebutuhan STB gratis sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, masih terus dilakukan.

Ia mengatakan Kemenkominfo juga akan kembali mengusulkan penambahan anggaran untuk melengkapi kebutuhan STB buat warga miskin itu.

Di samping itu Dedy mengatakan pihaknya terus mendorong hadirnya produsen STB di Indonesia, untuk menjaga kesiapan STB dalam negeri.

"Di mana saat ini sudah terdapat 13 vendor STB yang produknya siap untuk diperjualbelikan di pasaran," tuturnya.

Ia mengklaim selalu berkomunikasi dengan sejumlah vendor STB untuk menjaga kesiapan STB selama masa Analog Switch Off (ASO) berlangsung, agar tak ada kelangkaan atau lonjakan harga STB.

Sebelumnya pemerintah mengaku kekurangan 1,5 juta unit STB, alat bantu tv analog menangkap siaran tv digital, yang akan dibagikan gratis ke warga miskin.

Hal itu diketahui dari pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang mengatakan masih ada kebutuhan untuk pemberian STB gratis tahap satu dan dua.

Distribusi STB gratis buat warga miskin tahap pertama dilakukan pada 15 Maret hingga 30 April. Pada tahapan ini sebanyak 3,2 juta STB dibagikan ke masyarakat di 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota.

Pembagian STB tahap satu aman, namun Johnny mengungkap ada kebutuhan buat tahap dua dan tiga. Tahap dua meliputi 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, sementara tahap tiga menaungi 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota.

Johnny mengatakan tahap dua masih membutuhkan 152.565 unit STB sedangkan tahap tiga butuh 1.369.611 unit STB.

Baca artikel CNN Indonesia "Kominfo Ungkap Kendala Kurang 1,5 Juta Set Top Box bagi Warga Miskin" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220324093144-213-775470/kominfo-ungkap-kendala-kurang-15-juta-set-top-box-bagi-warga-miskin.

About the Author

Admin

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.