Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 5 Perbedaan Mac OS dan Windows Mana yang Terbaik?

Perbedaan Mac OS dan Windows


Mac Os dan windows merupakan dua sistem operasi yang saat ini masih sering digunakan oleh kebanyakan orang. Namun, bagi para penggunanya, Mac Os dan windows memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan, ingin beralih dari windows ke Mac OS dan sebaliknya. Lantas, apa sih
Perbedaan Mac OS danWindows ini? Berikut ulasannya:

1. Model dan Harga Komputer

Sistem operasi komputer Windows dapat digunakan oleh berbagai merek laptop dan komputer apapun. Maka tak heran, sistem perangkat lunak satu ini paling banyak digunakan di dunia. Apalagi, harganya yang terjangkau sehingga banyak yang lebih memilih sistem operasi tersebut, seperti Microsoft Windows 10 harganya 2 hingga 4 jutaan.

Sementara OS Mac, hasil besutan perusahaan Apple dengan versi yang sama dengan windows mematok harga paling murah 15 juta hingga 40 jutaan.

2. Sistem Perangkat Lunak

PerbedaanMac OS dan Windows meliputi, Pada OS Mac ada menu Finder, sedangkan OS Windows ada menu File Explorer, OS Mac ada menu System Preferences, sedangkan OS Windows ada menu control panel, OS Mac ada ada menu Menulets, sedangkan OS Windows ada menu System Tray, OS Mac ada menu Trash, sedangkan OS Windows ada menu Recycle Bin.

Pada OS Mac ada menu Activity Monitor, sementara OS Windows ada menu Task Manager, OS Mac ada menu Applications, sedangkan OS Windows ada menu Task Bar, OS Mac ada menu Safari, sementara OS Windows ada Internet Explorer/Edge dan perbedaan lainnya.

3. Tingkat Keamanan Software

Perangkat lunak OS Mac lebih aman digunakan daripada OS Windows. Hal ini lantaran OS Mac dirancang dengan perlindungan software pada inti Mac yang berfungsi menjaga agar sistem Mac aman dari gangguan Malware.

Adanya teknologi canggih di OS Mac, seperti XD (execute disable), ASLR (Address Space Layout Randomization), dan SIP (System Integrity Protection) dapat menyulitkan malware membuat kerusakan. Selain itu, ketika Anda melakukan safari online, OS Mac secara otomatis akan melindungi penelusuran Anda dari para pelacak-pelacak. Bahkan melindungi privasi digital Anda.

4. Perbedaan Kernel

OS Mac menggunakan kernel dengan jenis mikro Kernel, sedangkan OS Windows menggunakan monolitik Kernel. Artinya, Mac OS ini hanya menyediakan sedikit saja abstraksi dari perangkat keras.

Sebaliknya, kernel monolitik bisa mengintegrasikan banyak fungsi dalam kernel dan menyediakan lapisan abstraksi perangkat keras secara penuh terhadap perangkat keras yang ada di bawah sistem operasi.

5. User Interface

Tampilan User Interface pada OS Mac akan memberikan Anda pengalaman yang berbeda. Hal ini lantaran UI dan dekstop pada OS Mac lebih menarik ketimbang OS Windows yang biasa saja.

Itulah perbedaan Mac OS dan Windows. Semoga dapat menambah wawasan Anda.


Posting Komentar untuk "Ini 5 Perbedaan Mac OS dan Windows Mana yang Terbaik?"