Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Switch dan Fungsinya

Pengertian Switch dan Fungsinya

Tentunya, ada berbagai macam hal yang digunakan untuk memudahkan kegiatan setiap harinya. Salah satunya adalah jaringan. Namun, tidak banyak yang tahu mengenai arti switch yang merupakan komponen jaringan penting. Anda dapat simak lebih lanjut di sini! 

Arti Switch Secara Umum

Tentunya, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam mengenai fungsi yang dimiliki. Maka, pengertian merupakan hal yang penting untuk diketahui juga. Dalam dunia informatika, sebuah komponen dan jaringan tidak akan bisa lepas dari perangkat komputer.

Karena itu, arti switch merupakan sesuatu yang sangat penting.  Peran yang dimiliki switch cukup besar dalam dunia jaringan. Jadi, wajar jika banyak orang yang sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Apalagi yang bergelut dalan bidang IT juga.

Secara umum, switch menjadi komponen yang bertugas dalam menghubungkan sejumlah perangkat komputer sesuai dengan keperluan. Dengan memanfaatkan proses switch, pengguna jadi dapat bertukar data dan informasi untuk perangkat lainnya.

Arti switch adalah komponen jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer ke dalam jaringan secara bersamaan.  Ada juga yang mengatakan bahwa switch adalah jenis komponen untuk menghubungkan sejumlah HUB.

Demgan menghubungkan sejumlah HUB, akan terbentuk jaringan yang cukup luas.  Walaupun begitu, HUB dan juga switch merupakan hal yang berbeda. Karena itu, pernyataan pertama jauh lebih banyak dipercayai dalam mengurus jaringan komputer.

Fungsi dari Switch

Setelah mengetahui arti switch untuk pemakaian setiap harinya. Maka, Anda juga harus mengetahui beberapa fungsi yang dimiliki oleh switch juga.  Ada banyak fungsi yang sebenarnya penting dan membantu kegiatan harian Anda. Berikut ini beberapa fungsinya:

Menyaring dan meneruskan data

Fungsi pertama yang dimiliki switch adalah menyaring dan juga meneruskan paket data yang sudah diterima perangkat ke alamat tujuan. Alamat tujuan yang dimaksud ini adalah port dan juga MAC Address perangkat.  Jadi, dapat meminimalisir adanya collision dalam proses data.

Mencatat alamat

Tidak hanya digunakan untuk kepentingan dalam pengiriman data, arti switch dalam dunia jaringan juga penting karena digunakan dalam mencatat alamat.  Hal ini dapat terjadi karena switch sendiri mempunyai kemampuan untuk melakukan address learning juga. 

Dengan begitu, semua MAC address yang sudah terhubung dengan perangkat akan langsung disimpan dan dipelajari. Jadi, ketika mengirimkan data kepada seorang pengguna, MAC adress orang tersebut akan langsung dicatat secara otomatis dari sistem learning tersebut.

Mencegah looping

Tidak hanya digunakan dalam kepentingan menghubungkan perangkat dengan jaringan sesuai dengan arti switch saja. Sebenarnya, switch ini juga mempunyai fungsi lainnya. Fungsi tersebut berupa mencegah terjadinya pengulangan data secara terus menerus.

Tentunya, looping data merupakan hal tang merepotkan karena Anda harus menunggu dalam waktu yang lama.  Kondisi looping ini merupakan kondisi dimana ada kendala data yang harusnya diterima hanya stuck saja.  Data yang diterima dan terus stuck jelas merupakan masalah yang menyebalkan juga.

Karena itu, arti switch dengan kehadirannya sangat penting dalam hal ini. Switch sendiri akan langsung bekerja untuk meneruskan pengiriman data dengan cara mudah. Misalnya, memblokir salah satu port yang sedang terhubung ke perangkat lainnya juga.

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan arti switch yang mempunyai peran penting dalam pemakaian setiap harinya di dunia komputer. Jadi, Anda tidak usah bingung mengenai cara kerja dari sebuah jaringan untuk meneruskan data lagi.


Posting Komentar untuk "Pengertian Switch dan Fungsinya"